FAQ – Pertanyaan yang Paling Sering Ditanyakan

Tentang Kontak Kami
  1. Discord = – KLIK LINK INI –
  2. FB Fanspage = – KLIK LINK INI –
  3. Whatsapp [CHAT ONLY] = – KLIK LINK INI – (+6283191028333)
  4. Email = – KLIK LINK INI – (support@kuramanime.com)
Tentang Server Upload

Kami hanya menggunakan server download yang menurut kami terbaik, baik dari sisi upload maupun download-nya, sekaligus juga yang bisa bertahan lama. Silakan dipelajari cara downloadnya untuk masing-masing server di menu Cara Download.

Tentang Anime yang Ditampilkan

Kemungkinan karena belum kami upload di web ini atau pun memang tidak ada sub indonya.

Kami mempunyai tingkatan prioritas untuk upload anime. Kira-kira begini urutan prioritas kami,
1. Anime ongoing / anime yang baru rilis,
2. Seri sebelumnya dari anime yang akan rilis di musim depan,
3. Request dari kalian,
4. Anime-anime lainnya.

Untuk anime ongoing, kalian bisa cek jadwalnya di menu Jadwal Rilis. Sedangkan untuk anime yang belum rilis, silakan cek di Livechart atau Anichart.

Kalau untuk anime yang sudah tamat, tapi belum ada di web ini, itu tergantung waktu dan kondisi dari admin kami untuk meng-upload-nya. 

*Semua jadwal itu hanyalah perkiraan, jadi bisa saja telat atau pun lebih cepat.

Kecepatan rilis di web ini adalah berdasarkan kecepatan rilis oleh Fansub, dan kami selalu berusaha untuk mengambil dari Fansub yang rilisnya paling cepat dan yang menurut kami kualitas subtitlenya terbaik.

Tentu saja boleh, malahan kami terbantu kalau kalian mau request, jadi kami punya prioritas untuk meng-upload anime tersebut. Silakan langsung hubungi kami saja lewat kontak yang ada di atas di menu Kontak Kami.

Pre-air itu artinya pratayang, di mana ada beberapa anime biasanya ada yang merilis versi ini sebelum merilis versi aslinya. Biasanya pada versi pre-air, tidak ada lagu opening maupun ending, dan juga kualitasnya biasanya lebih rendah dibandingkan dengan versi aslinya.

Versi pre-air akan kami upgrade ke versi asli setelah versi aslinya resmi tayang di jepang.

Begini, v0 artinya versi 0, di mana sesuai namanya, kami akan meng-upload anime yang kualitasnya lebih rendah terlebih dahulu. Rendah di sini bukan hanya berarti rendah kualitas video-nya, namun juga bisa berarti rendah kualitas subtitle-nya, atau juga sumbernya kurang terpercaya.

v0 biasanya hanya kami lakukan pada anime yang peminatnya lumayan ramai (minimal 100 view pada anime tersebut saat anime itu di-update), namun sumber utama kami terkadang suka delay.

v0 akan kami upgrade ke v1 (versi biasa) setelah sumber utama kami merilis anime tersebut.

Tentang Website

Begini, di web utama ini bisa dikatakan tidak ada iklan sama sekali. Kami hanya memasang iklan di safelink yang harus kalian lewati sebelum sampai ke link download dari anime yang ingin kalian download. Tentu saja tidak ada iklan pop-up, baik di web ini maupun di safelink.

Untuk sekarang tidak ada rencana begitu, karena belum ada yang sewa dengan kami juga. Tapi satu hal yang jelas, kalau pun ada iklan, kami tidak akan memasang iklan yang mengganggu seperti iklan pop-up. Kami hanya akan memasang iklan banner di bagian sidebar, dan mungkin hanya itu saja.

Buat kalian yang belum mengerti, iklan itu membantu kami untuk mempertahankan website ini. Karena biaya yang dikeluarkan untuk Hosting, Domain, RDP, dan lainnya, tidaklah sedikit. 

Kami menyediakan anime untuk kalian download secara gratis, karena itulah iklan diperlukan. Kalau kalian mau bayar untuk men-download anime di sini, mungkin kami akan hilangkan iklan yang ada.

Bisa kami katakan, safelink-nya sangat mudah dilewati. Kalau kalian kesulitan, silakan cek menu Cara Download. Kalau masih tidak bisa, coba untuk menghapus cache browser kalian, mematikan adblock, ataupun meng-update browser kalian ke versi terbaru.

Biasanya masalahnya ada di browser kalian yang versinya sudah terlalu tua. Cobalah untuk meng-update browser kalian itu. Terkadang masalahnya juga bisa jadi karena pengunjung yang terlalu ramai, jadi silakan diulangi lagi klik link download-nya dari web ini. Coba juga untuk menggunakan mode incognito/private. 

Dan kalau memang masih bermasalah, coba hubungi kami saja, akan kami cek nantinya, karena bisa juga masalahnya ada dari server kami.

Silakan cek halaman ini.

Tentang Video

Hal ini biasanya terjadi ketika kalian men-download anime yang berformat MKV dan memiliki subtitle berjenis Softsub. Biasanya kami sudah menuliskan di setiap kotak download, apa jenis subtitle MKV tersebut, apakah Softsub ataukah Hardsub.

Jika subtitle-nya berjenis Softsub, maka kalian tidak bisa menggunakan video player bawaan komputer/hp kalian untuk memunculkan subtitle tersebut.

Berikut adalah saran video player dari kami,
1. Untuk PC, VLC Media Player, K-Lite Codec Pack, MPC-BE, ataupun mpv.
2. Untuk Android, VLC Media Player, MX Player.
3. Untuk iOS, VLC Media Player.

Namun, kalau memang subtitle-nya yang tidak ada, segera hubungi kami agar dapat langsung diperbaiki.

Kemungkinan ada lebih dari satu subtitle dalam video tersebut, jadi silakan gunakan aplikasi yang sudah disebutkan di atas, lalu ganti pilihan subtitle-nya. Namun hal ini sangat jarang terjadi.

Sama seperti di atas, mungkin ada lebih dari satu audio di video tersebut. Silakan gunakan aplikasi yang sudah disebutkan tadi dan ganti pilihan audio-nya. Walaupun hal ini juga sangat jarang terjadi.

Silakan hubungi kami agar kami bisa segera memperbaiki-nya.

Silakan hubungi kami langsung agar bisa kami cek langsung.

Softsub adalah jenis subtitle di mana subtitle-nya tidak digabungkan ke video secara permanen. Artinya, subtitle-nya masih bisa dimatikan, dilepas, bahkan diedit (kalau kalian tahu caranya).

Sedangkan hardsub adalah jenis subtitle di mana subtitle-nya digabungkan ke video secara permanen. Artinya, subtitle-nya sudah tidak bisa diapa-apakan lagi.

Kalau kalian tanya pendapat pribadi kami, jawabannya adalah softsub.

Kenapa begitu? Karena dengan tidak menggabungkan subtitle secara permanen ke dalam video, subtitle-nya menjadi lebih jernih karena tidak terikat pada resolusi dari video tersebut.

Namun, tentu saja baik softsub maupun hardsub punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

a. Softsub,
1. Kualitas subtitle lebih jernih.
2. Subtitle masih bisa diutak-atik sesuai kebutuhan.
3. Karena menggunakan font yang diattach, apabila terlalu banyak, bisa menyebabkan lag apabila perangkat kalian tidak cukup kuat.
4. Apabila terlalu banyak styling pada subtitle, bisa menyebabkan lag apabila perangkat kalian tidak cukup kuat.
5. Biasanya membutuhkan video player khusus, seperti VLC, MX Player, dll.

b. Hardsub,
1. Kualitas subtitle tidak sejernih softsub.
2. Subtitle tidak dapat diutak-atik lagi.
3. Karena sudah disatukan dengan videonya secara permanen, biasanya tidak akan terjadi masalah saat memutar videonya.
4. Biasanya bisa menggunakan video player bawaan dari HP maupun PC kita.

Tentang Link Download

Masih ada link download lain selain Google Drive. Jadi jika terkena limit, silakan download menggunakan link lain tersebut. Atau silakan cek di menu Cara Download, di sana ada cara untuk mengatasi limit Google Drive ini.

Untuk request perbaikan link, bisa ISI FORM INI.

Untuk cek status perbaikan anime, bisa CEK DI SINI.

Tentang File

Untuk ukuran, semuanya tergantung dari sumbernya, settingan encode kami juga sudah kami atur selumayan mungkin. Sedangkan untuk x265, mohon maaf, tapi kami tidak akan menyediakannya karena beberapa alasan, yaitu sebagai berikut:

1. Kami lebih mementingkan kualitas.
Oke, banyak yang bilang, “min, saya nonton x265 bagus-bagus aja, kok.”, menurut saya, pernyataan itu belum tepat. Kenapa begitu? Karena pernyataan itu belum melihat beberapa faktor lain, seperti perangkat yang digunakan. Contoh kecilnya saja, nonton di pc dan di hp sudah jelas berbeda, ‘kan? Bisa saja kalian bilang di hp bagus, tapi di pc sudah agak kurang. 

Satu lagi, yang namanya ukuran lebih kecil, mau gimana pun, pasti kualitasnya turun. Itu udah hukum alam.

2. Banyak perangkat yang belum mendukung.
Masih banyak perangkat yang tidak support / mendukung untuk memutar video x265, bahkan pc juga kadang bisa tersendat-sendat saat sedang memutarnya, apalagi hp kentang?

3. Makan waktu encode.
Untuk meng-encode video ke x265, waktu yang dibutuhkan lumayan berasa. Oke, kalian pasti mau bilang, “ya gpp, min, saya tungguin, kok.”, oke memang bener, saya gak masalah sebenarnya, tapi waktu yang saya habiskan itu gak sebanding sama yang download, di mana peminat x265 gak sebanyak itu.

Biasanya hal ini terjadi karena kamu mendownload resolusi yang tidak sesuai dengan resolusi hp/pc kamu, jadi mohon disesuaikan kembali. Bisa juga karena kamu belum meng-update aplikasi video playermu. Atau mungkin karena pada saat men-download, koneksi internetmu putus-putus, jadi file-nya corrupt. Namun hal ini sangat jarang terjadi, karena kami sudah mengatur agar video-nya memiliki aspect ratio 16:9.

Kami tekankan bahwa kami tidak memberikan password pada setiap file rar yang kami upload di web ini. Biasanya masalah seperti ini dapat diatasi dengan cara mengupgrade WinRAR / aplikasi RAR kamu ke versi terbaru.